Pembahasan Soal Sistem Alat Gerak pada Manusia

1. Pada selotot, oksigen diikat oleh mioglobin
Oksigen di ototdiikat oleh mioglobin. Sedangkan di dalam darah, oksigen diikat oleh hemoglobin yang terdapat di dalam sel darah merah (eritrosit).Kalmodulin merupakan protein pengikat kalsium, misalnya pada otot polos.
Jawab: b

2. Agar otot rangka berkontraksi harus mendapat perintah dari saraf
Otot rangka termasuk otot sadar. Agar otot rangka berkontraksi harus mendapat perintah dari system saraf.Tulang (rangka) merupakan alat gerak pasif.Tendon merupakan jaringan ikat yang menghubungkan otot dengan tulang.
Jawab: a

3. Berikut merupakan cirri otot rangka, kecuali berkontraksi secara involunter
Ciri otot rangka adalah selnya berinti banyak di tepi, memiliki daerah gelap (serabut miosin) dan terang (serabut aktin) yang tersusun secara teratur (lurik), dan bekerja secara sadar (volunter). Otot yang bekerja secara involunter (tidak sadar) adalah otot polos dan otot jantung.
Jawab: b


4. Tulang berikut yang termasuk tulang pipih adalah tulang dada, rusuk, dan belikat
Tulang pipih terdapat di tengkorak, tulang dada, tulang rusuk, gelang bahu (misal: tulang belikat), dan gelang pinggul (misal: tulang duduk).
Tulang lengan atas, lengan bawah, paha, dan tulang kering termasuk tulang pipa.
Jawab: c 


5.  Kebiasaan duduk miring ke kiri atau ke kanan pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan dapat menyebabkan skoliosis
Kebiasaan duduk yang salah pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan dapat menyebabkan kelainan pada tulang belakang, yaitu lordosis terjadi karena posisi duduk selalu dengan posisi dada ke depan, kifosis terjadi karena posisi duduk selalu membungkuk, dan skoliosis terjadi karena posisi duduk miring ke samping. Nekrosis merupakan matinya sel-sel tulang.
Jawab: b 


6. Energi yang dipakai untuk kontraksi otot adalah adenosin trifosfat
Energi yang digunakan untuk kontraksi otot adalah ATP (adenosin trifosfat). ATP diproduksi dari oksidasi biologi zat makanan yaitu glukosa, asam lemak (hasil pembongkaran lemak), atau asam amino (hasil pembongkaran protein). Glikogen merupakan karbohidrat sebagai cadangan makanan di otot. Asam laktat merupakan hasil samping oksidasi glukosa jika otot kekurangan oksigen. Asam laktat inilah yang menyebabkan otot menjadi pegal setelah berkontraksi.
Jawab: c 


7. Tulang rahang atas disebut Maksila
Rahang atas (Os Maxilla) adalah rahang yang terletah disebelah atas, dibawah hidung di atasnya rahang bawah. menyusun sebagian dari hidung, dan langit-langit
Jawab: e

8. Otot antagonis bekerja secara berlawanan
Antagonis, yaitu kerja 2 otot secara berlawanan. Jika yang satu berkontraksi maka yang lain mengalami relaksasi, begitupun sebaliknya.
Jawab: b

9. Tulang tempurung lutut disebut juga Patela
Dalam anatomi manusia, tulang lutut atau patella adalah tulang berbentuk segitiga dan tebal yang akan bersendi dengan tulang paha (femur). Fungsinya adalah membungkus dan melindungi sendi lutut. Patella termasuk ke dalam tulang sesamoid yang berkembang dari tendon otot quadriceps femoris. Osifikasi patella berlangsung pada anak berusia 3 sampai 5 tahun.
Jawab: e

10. Tulang rahang bawah disebut Mandibula
Rahang bawah (Os Mandibulla) adalah rahang yang terletak di bawah rahang atas. Disini terdapat bgian yang menonjol yang disebut dagu. Rahang atas menempel pada tulang tengkorak bagian temporal. Hal tersebut merupakan satu-satunya hubungan antar tulang dengan gerakan yang lebih bebas.
Jawab: a



 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar:

Posting Komentar